Perencanaan Liburan

Langkah-langkah Perencanaan Liburan yang Mengasyikkan

Liburan kenaikan kelas memang masih jauh. Tapi merencanakan liburan dengan keluarga dari sekarang sangat tidak salah. Justru sangat baik bila direncanakan jauh-jauh hari. Kenapa demikian?

Meski terkadang spontan adalah sebuah keputusan yang harus kita ambil dalam hidup, namun perencanaan jauh hari lebih baik karena sesuatu yang tergesa-gesa tentu kurang baik hasilnya.

Baca Juga: Wisata Solo

Perencanaan Liburan

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam perencanaan liburan yang bisa Anda lakukan:

Menentukan/mencari Tanggal

Tentukan tanggal yang akan Anda rencanakan untuk liburan. Cek kapan hari libur anak-anak (bila liburan bersama anak-anak yang sudah sekolah), Cek jumlah cuti yang masih tersisa, sesuaikan dengan hari libur anak-anak dan cuti pasangan Anda (bila pasangan Anda juga bekerja formal dan dibatasi waktu secara konvensional).

Kemudian pada tanggal tersebut cek harga tiket Air Asia. Cari promo murahnya. Bila telah menemukan, lakukan langkah selanjutnya.

Konfirmasikan cuti dengan kantor

Bila telah menentukan tanggalnya, konfirmasikan tanggal cuti tersebut dengan kantor. Hal ini perlu dilakukan, agar Anda atau kantor dapat mendelegasikan tugas yang mungkin terjadual ditanggal tersebut, pada rekan kerja Anda yang lain.

Membeli tiket

Setelah menentukan tanggal tepat, Anda bisa memulai beli tiket pesawat. Pembelian tiket jauh-jauh hari akan membuat penghematan, karena biasanya harga menjadi lebih murah. Membeli di OTA mempermudah Anda, apalagi dengan harga jujur dan termurah dari awal penawaran.

Merancang itinerary dan budget liburan

Mulailah merancang liburan Anda. Wisata apa saja yang Anda pilih, kegiatan apa saja yang terkait dengan wisata itu, seberapa besar anggaran yang Anda sediakan untuk hal itu. Untuk merancang itinerary, Anda juga bisa browsing kota tujuan wisata yang menarik, termasuk apa saja yang bisa Anda lakukan di kota tersebut.

Baca Juga: Tempat Wisata Sejarah Di Yogyakarta

Semisal Anda bersama keluarga juga anak-anak, pilihlah obyek wisata yang sesuai dan aman untuk anak-anak Anda, tapi Anda juga tetap bisa menikmatinya. Diskusikanlah dalam keluarga. Bila dengan pasangan Anda saja, coba tanyakan dulu pada pasangan Anda jenis wisata apa yang ingin dipilih. Bila berbeda, carilah jalan tengah, diskusikan, kompromikan. Jangan sampai liburan yang harusnya menjadi pelepas stress justru mendatangkan stress baru karena keributan yang tak perlu.

Menabung/mencicil kebutuhan

Mulai menabunglah, liburan yang nyaman tentu secara finansial Anda juga aman. Menabung khusus untuk liburan sangat perlu, pisahkan dari tabungan utama Anda. Tentu Anda tak mau kekurangan dana saat di lokasi liburan kan? Anda juga harus mulai mencicil pembayaran-pembayaran yang terkait dengan liburan. membagi pembayaran dalam cicilan kecil, memperingan beban keuangan setiap bulannya.

Pilihlah cicilan dengan bunga 0%. Sekarang banyak bank yang menawarkan merubah pembayaran tunai tanpa cicilan, menjadi pembayaran cicilan tanpa bunga. Janganlah Anda terlambat membayar cicilan, karena keterlambatan pembayaran cicilan mengakibatkan penambahan pengeluaran baru yang tak perlu (karena adanya bunga atau denda).

Membuat Check List

Membuat check list barang bawaan selain mendata barang apa saja yang perlu dibawa, juga menjaga agar Anda tak perlu ada acara ketinggalan barang di rumah atau tempat penginapan saat kita sudah check out.

Pembuatan check list ini sekaligus sambil menyortir barang-barang yang tak perlu di bawa karena tak berkaitan, tapi sering kali ingin dibawa. Misalnya, saat di itinerary tak ada penjadualan untuk hunting foto khusus, anda membawa perlengkapan fotografi lengkap. Selain memberatkan, resiko hilang sangat dimungkinkan. Dan kemungkinan bila tak mendapatkan waktu kompromi hanya mendatangkan keributan terhadap anggota keluarga/pasangan Anda.

Selain itu Anda juga perlu membuat check list perkiraan suvenir apa yang akan Anda beli dan berapa jumlahnya. Hal ini terkait dengan perencanaan keuangan di awal tadi.

Mempersiapkan Barang Bawaan

Mempersiapkan Barang Bawaan

Dengan adanya check list barang bawaan, Anda juga dapat memeriksa aksesoris terkait dengan apa yang akan Anda bawa. Semisal ingin membawa alat fotografi, jangan lupakan baterai cadangan, dan charger baterai. Memory card juga sangat penting untuk dibawa.

Selain membuang uang, Anda juga belum tahu apakah tempat tujuan wisata nanti ada aksesoris terkait yang dijual, bila aksesoris yang diperlukan ketinggalan di rumah. Membawa lensa kit cukup memadai. Tinggal tambahkan filter yang sesuai, filter tidak memakan tempat sebanyak lensa. Jenis kamera mirrorless lebih ringan dibawa jalan-jalan.

Membawa baju seperlunya, pilihlah yang nyaman serta sesuai dengan tujuan wisata. Semisal bila di lokasi wisata Anda ingin berenang, jangan lupa membawa baju renang. Bila Anda berwisata di lokasi wisata yang dingin, Anda jangan membawa baju tipis dan pendek. Begitu juga sebaliknya.

Gunakan sepatu atau sandal yang nyaman. Cek lagi kondisi barang bawaan Anda dan sesuaikan dengan kondisi. Tak perlu memaksakan diri, tak perlu juga membeli yang baru. Gunakan saja baju, celana/rok, sandal/sepatu yang sudah ada. Asal kondisinya masih bagus, tak apa-apa. Jangan lupa bawa obat-obatan fist aid yang diperlukan.

Baca Juga: Taman Pintar

Demikianlah kurang lebihnya merencanakan liburan yang mudah tapi menyenangkan. Siap berliburkah Anda?